December 9, 2009

Kapan? Dimana? Mengapa? dan Siapa pendiri PMR di Indonesia?

Sebelum saya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bertubi-tubi kepada saya,
saya akan bersemedi dulu untuk mencari jawabannya.... Okey.

YEAH.....!! saya sudah menemukan jawabanya,


Jawwabanya adalah.............. ialah........... yaitu............ dengan nama ............(ahhh kelamaan),

I’m so sorry, intermezzo……....... (Cuma selingan)


Oh ya sejarah begini…(sotoi banget kayak pernah ngalamin aja)



SEJARAH PALANG MERAH REMAJA INDONESIA

Palang Merah Remaja (PMR) dibentuk oleh PMI pada Kongres PMI tanggal 25-27 Januari 1950 di Jakarta, dulu PMR bernama Palang Merah Pemuda (PMP) didirikan pada tanggal 1 Maret 1950 oleh Ny. Siti Dasima.
Terbentuknya PMR/Youth Red Cross di Indonesia dilatar belakangi oleh Perang Dunia (PD) I, waktu itu Austria mengerahkan anak-anak sekolah supaya turut membantu sesuai kemampuan, seperti mengumpulkan pakaian bekas, mengimpun majalah/koran bekas, dan menggulung pembalut, anak-anak tersebut dihimpun oleh Organisasi yang dinamakan Palang Merah Remaja (PMR), yang kemudian diterima Liga Palang Merah Remaja dan Bulan Sabit Merah.(IFRC).

Pada Sidang I tahun 1919 PMR menjadi bagian Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, kegiatan dan tugasnya sama dengan Tri Bhakti PMR, sasaran utama PMR adalah Lingkungan Sekolah dan Luar sekolah.

PMR didirikan karena untuk memberikan Sosialisasi pada masyarakat khususnya pada Pemuda/Remaja agar bisa saling tolong menolong terhadap sesama dan lebih peduli dengan keadaan disekitarnya.

1 comment:

  1. hmmmm bagus juga ya . . . . . patut kita pelajari . . . . .

    ReplyDelete